Selasa, 20 Oktober 2009

Reading Area of SMPN 1 Bro


















































Dengan fasilitas yang ada para petugas perpustakaan mencoba mempermak wajah perpustakaan, yang hasilnya bisa dilihat seperti di atas. Sama sekali masih kurang menarik, karena terkesan hanya memanfaatkan barang-barang yang ada. Diharapkan untuk ke depannya ada perhatian khusus demi kemajuan perpustakaan, khususnya dalam hal pengadaan koleksi, penambahan fasilitas yang memadai, seperti meja kursi baca yang ideal, papan pengumuman/ informasi, rak majalah, rak surat kabar, rak/ etalase display buku baru, dan masih banyak lagi. Selain itu juga kurang memadainya ruangan dan gedung perpustakaan, karena tidak ada ruangan tersendiri untuk referensi, audio visual, bahkan tidak memiliki gudang perpustakaan.

Pustakawan menyarankan diberikannya perhatian dan dukungan untuk menjadikan perpustakaan SMPN I Bro menjadi digital library.... ben makin kerennnnn n yang pasti penyajian informasi jadi makin beragam serta uptodate. Untuk itu diperlukan penambahan komputer sebagai sarana pelayanan serta untuk para pengunjung guna pencarian informasi yang dibutuhkan.... rak yo ngono tooo...

Ditunggu saran dan masukan dari semua pihak...

7 komentar:

  1. Oke,Horas Pustakawan SMPN 1 BRO.
    Perpustakaan merupakan jendela dunia,sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komonikasi, memang seharusnya Perpustakaan yang ideal adalah yang mampu memberikan layanan yang up to date.

    BalasHapus
  2. JAWABAN DARI PUSTAKAWAN SMPN I BATURETNO :


    assalamualaikum wr.wb...

    tx pak, bu, mas, mba anonim..
    bener banget... karena itu kami jg mngharapkan kesadaran dan perhatian dari berbagai pihak. di antaranya mengenai.. :

    a.kesadaran semua pihak yang menjadi anggota perpustakaan bahwa koleksi perpustakaan sekolah merupakan koleksi bersama dan diharapkan mampu menjaga kelestarian bahan pustaka, sehingga buku yang telah dipinjam segera dikembalikan karena minimnya koleksi dan banyaknya peminat.

    b.penambahan koleksi bahan pustaka dengan melibatkan guru mata pelajaran untuk koleksi buku sebagai bahan ajar, seperti buku-buku paket (agar pembelian g sia2 dan hanya menumpuk tanpa tersentuh) dan pihak perpustakaan, seperti buku tentang pengetahuan umum, buku tentang komputer, majalah, surat kabar, dll.

    c.penyediaan bahan, alat dan perlengkapan di perpustakaan guna memudahkan petugas perpustakaan dalam melaksanakan tugasnya, termasuk pengadaan sistem informasi atau program yang handal dan memadai guna kelancaran komputerisasi/automasi perpustakaan, komputer untuk penelusuran informasi (katalog digital) bagi pengunjung.

    d.perluasan ruang perpustakaan sekolah yang dilengkapi dengan fasilitas, termasuk gudang perpustakaan, ruang baca, ruang referensi, ruang audio visual yang memadai sehingga menarik bagi siswa serta pengadaan jaringan internet di perpustakaan bagi pengunjung untuk memperoleh informasi yang lebih cepat dan akurat.

    e.anjuran guru setiap mata pelajaran untuk memberi bimbingan kepada siswa untuk memilih bahan pustaka yang dapat memperkaya materi pelajaran yang diberikan guru di kelas.

    f. dengan adanya saran2 di atas, otomatis harus diikuti dengan penambahan staff atau tenaga perpustakaan serta mengikutsertakan tenaga perpustakaan apabila ada diklat, seminar, workshop di bidang perpustakaan guna menambah pengetahuan dan mengikuti perkembangan yang up to date.

    g. kami juga menyadari bahwa kami, sebagai pustakawan SMPN I Baturetno masih jauh dari kesempurnaan :
    - Hendaknya terus meningkatkan kemampuan melalui berbagai kegiatan pembinaan petugas perpustakaan, baik pembinaan peningkatan ketrampilan teknis di bidang perpustakaan maupun pembinaan sikap dan mental sehingga memiliki kompetensi guna melakukan kegiatan penyelenggaraan perpustakaan secara cepat dan tepat.
    - Hendaknya dapat menerapkan sistem pengelolaan perpustakaan yang lebih canggih dengan teknologi informasi guna mengembangkan perpustakaan sekolah.

    wassalam...
    *three_halwa@yahoo.com*

    BalasHapus
  3. SMPN 1 BATURETNO.BLOGSPOT.COM???? GA MODAL AMAT WEBSITE SEKOLAH NUMPANG BLOG SPOT????? BIKIN SENDIRI LAH OM...SMPN1BATURETNO.SCH.ID ATAU APA KEK? ATAU SMPN1BATURETNO.COM ATAU GIMANA?? KETAUAN GA MODAL WAKAKAKAK

    BalasHapus
  4. iya tuh.....lawak....

    BalasHapus
  5. Yg penting kan punya blog... Drpada enggak??
    Blog spot juga bs kok dijadiin kyk wordpress...

    BalasHapus
  6. klu bisa tolong di up date kegiatan sekolah dong

    BalasHapus
  7. Kalau saya itu oke oke aja. Tapi, masak cuman update segitu doang. Keluarin dong update mengenai sekolah, tentang apa kek. Udah make blogspot gag penah diurusin

    BalasHapus

kami menghargai segala saran dan kritik dari anda semua... peace, love, n smart...